Secret Paradise

salah satu pojok Pantai buyutan
Pantai teleng ria

Sempat menyangka, ada apa sich di Pacitan, hanya kota kecil paling selatan Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Tapi, setelah 7 jam perjalanan menggunakan mobil, nggak rugi, menemukan sebuah pantai yang bisa membuat saya terdiam, pantai Teleng Ria.

Cukup 5 menit dari pusat kota, saya sudah bisa melihat sebuah pantai yang cantik dengan pasirnya yang putih sepanjang 3 km dan ombaknya yang tidak sebesar ombak di pantai selatan lainnya. Tertarik untuk mencoba water sport, saya minta diajari surfing disini. Karena ternyata, meskipun ombaknya tidak terlalu besar, aktifitas surfing untuk kelas fun, bisa dilakukan disini. Menarik! Jadi nggak perlu harus ke Bali untuk bisa surfing, karena ternyata di Pacitan ini ada beberapa spot surfing selain pantai Teleng Ria, seperti Srau dan Watu Karung. Puas belajar surfing, saya tertarik dengan salah satu cerita teman untuk melihat pemancing penyu di salah satu pantai yang cukup jauh dari pusat kota, 21 km bayangin! Tapi katanya bener bener bisa bikin speechless, pantai Buyutan.

Hari kedua di Pacitan, perjalanan ke pantai ini cukup seru, karena saya harus melewati pedesaan terpencil di Pacitan dan akhirnya sampai di daerah Donorojo, tempat pantai Buyutan itu berada. Disambut dengan suasana yang masih kental dengan desa dan sawah sawahnya, perjalanan ke pantai Buyutan ini membuat saya penasaran. Kenapa? Karena memakan waktu yang cukup lama, melewati tempat bukit bukit terpencil, dan perjalanan saya dengan mobil harus terhenti diujung tebing setelah melewati persawahan. Saya bingung mencari dimana pantai itu, karena sepanjang memasuki desa Donorojo yang saya lihat hanya rumah penduduk dan sawah. Nggak mungkin kan sawah yang sangat hijau berdampingan dengan pantai, 2 ekosistem yang berbeda donk. Namun setelah saya berbalik badan, saya melihat laut, dan pantai itu berada dibawah, di dasar tebing. Saya harus menuruni tebing itu untuk menuju pantai, dan cukup berjalan 5 menit, kaki saya sudah menginjak di pantai yang berpasir putih. Pantai ini tidak cukup luas, tidak seperti Teleng Ria, tapi justru ini yang membuat menarik, berasa private beach. Pantai Buyutan, memang benar benar surga terpencil, gulungan ombak yang tinggi, dan karang karang yang berukuran besar yang disebut dengan Batu Narada karena menyerupai topi Bathara Narada yang menjulang ke atas dan berbentuk silinder, membuat pantai ini terlihat sempurna. Teringat satu hal yang membuat saya tertarik kesini, pemancing penyu, ternyata benar, saya bertemu dengan pemancing penyu yang sudah tertahan disitu dari subuh untuk menunggu penyu. Jangan heran, karena memang butuh kesabaran tinggi buat memancing penyu, dalam sehari memang mungkin hanya mendapatkan seekor penyu, tapi nyatanya mereka bisa mendapatkan penyu yang berukuran besar.

Puas melihat sunset dari Pantai Buyutan ini, saya beringsut ke pusat kota. Karena ini adalah malam terakhir, saya tertarik untuk makan di warung yang terletak di tebing yang menghadap ke pantai Teleng Ria, dengan sajian khas nasi tiwul yang terbuat dari gaplek (umbi dari ketela pohon yang dikeringkan) ditemani dengan ikan bakar dan es degan. Wow mantap! Dan ini semua membuat saya sangat ingin kembali ke Pacitan, pantainya, keramahan penduduknya dan makanannya, unforgetable!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Author

Calendar

December 2017
S M T W T F S
« Jan    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
exotichorizons

the sky is the limit.

Gandung Adi Wibowo

Librarian Expert - Digital Storyteller - Lifelong Learner

opicfotografia

The greatest WordPress.com site in all the land!

mbakcyin

Just another WordPress.com site

dimasirvan

Just another WordPress.com site

Blog Bukik

Meretas Ide Beda

Sheezca's Blog

Anything around my life

SaRaH Tidak Sendiri

karena sendiri itu nyesek! (yuhuuu)

dwimon

Secangkir kopi dan imajinasi

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Frinalusycasca's Blog

Its all about self, feminis, music, book and adventure

%d bloggers like this: